Cara Membuat Pompa Air Otomatis

Cara Membuat Pompa Air Otomatis. Selamat siang Sahabat Info, kali ini saya akan memberikan sebuah Tutorial membuat pompa air biasa menjadi Otomatis. Pompa air merupakan alat rumah tangga yang sangat diperlukan untuk menyalurkan air bagi orang yang masih menggunakanya. Cara penggunaan pompa air biasa pasti menyulitkan para penggunanya, maka dari itu saya memberikan sebuah Tutorial yang kiranya memudahkan penggunaan pompa air, tutorial tersebut yaitu cara memodifikasi Pompa air biasa menjadi pompa air otomatis.
Cara Membuat Pompa Air Otomatis
Pompa Air

Berbeda dengan Pompa air manual yang masih mengandalkan bak penampung air sebagai wadah air sebelum dialirkan melalui keran, pompa air otomatis akan menyalurkan air secara langsung ketika keran dibuka tanpa harus menghidupkan pompa terlebih dahulu. Bagi yang masih menggunakan pompa air, menjadikan pompa air manual anda menjadi otomatis merupakan hal yang cukup menguntungkan, jadi anda tidak perlu menyalakan pompa air terlebih dahulu saat membutuhkan air.

Cara memodifikasi pompa air biasa menjadi otomatis sangat mudah dan tidak perlu membutuhkan peralatan yang rumit, bahkan biasanya anda dapat menjumpai peralatan tersebut di rumah, dan jika anda tidak memilikinya, anda dapat membeli bahan bahan tersebut di toko bangunan dan harganya pun relatif murah.

Berikut bahan bahan yang diperlukan untuk membuat Pompa Air Otomatis.
  • Pressure Switch atau Auto Cut Switch, merupakan saklar yang bekerja menggunakan Tekanan Air. jika saat anda akan membeli Alat tersebut di toko bangunan tapi anda bingung menyebutkan namanya anda dapat menyebutkanya sebagai saklar pompa air Otomatis.
  • Dirigen atau Wadah Penampung Air yang bersih, masih bagus dan tidak bocor sama sekali.
  • Beberapa sambungan Paralon baik Letter L maupun Letter T
  • Lem Paralon untuk menempelkan Paralon
  • Beberapa Alata Pembolong seperti Gunting, Tang dan Pisau
Jika Alat alat tersebut sudah anda miliki, maka langsung saja memodifikasi Pompa Manual anda menjadi Otomatis. untuk memulai menerapkanya anda langsung saja memahami Ilustrasi yang ada pada gambar dibawah ini.

Cara memodifikasi pompa air manual menjadi otomatis
Cara Memodifikasi Pompa Air menjadi Otomatis

Hal yang perlu diperhatikan saat menyambung paralon ke paralon maupun ke dirigen adalah memastikan bahwa sambungan paralonya harus benar benar rapat, jika ada celah sedikit saja maka air dapat merembes keluar, dan pompanya bisa jadi hidup mati.

Pastikan pula dirigen yang anda gunakan untuk memodifikasi pompa air anda harus memiliki ketebalan yang cukup. Hal tersebut dikarenakan dirigen harus mampu menahan tekanan yang cukup kuat dari air sesuai dengan tekanan yang bisa diterima oleh saklar otomatis yang ada di pompa.
Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
25 Desember 2020 pukul 07.39 delete

Apa hubunganny dengan paralon, itu yg di gambarkan pakai pelampung

Reply
avatar